Tips Fotografi Bagaimana Menguasai Pemotretan Cahaya Rendah

By herry on Selasa, 07 Mei 2013

Tips Fotografi Bagaimana Menguasai Pemotretan Cahaya Rendah Atau Low Light

Bagaimana pengaturan terbaik dan metode yang digunakan ketika kita memotret pada cahaya rendah atau low light seperti yang di kutip dari Digital Camera World


foto: digital camera world

Mulai dari dalam interior remang-remang atau bila memotret outdoor waktu sebelum matahari terbit atau setelah matahari terbenam, memotret pada cahaya rendah memberikan tantangan tersendiri yang sangat berbeda daripada pemotretan dalam kondisi banyak cahaya.

Pasti kita sulit untuk mendapatkan eksposur yang tepat bila dengan menggunakan mode otomatis (auto) dalam kondisi kurang cahaya, sehingga harus menguasai mode Manual.

Kondisi seperti ini juga bisa membuat hal-hal lain seperti fokus dan white balance yang lebih menantang, tapi pemotretan dalam cahaya rendah dapat menghasilkan gambar yang menakjubkan.

Mengatur eksposure dalam cahaya rendah

Memotret dalam kondisi kurang cahaya adalah tantangan dengan pengaturan eksposur kamera kita, terutama jika pakai salah satu mode eksposur otomatis. atasi dengan beralih ke mode manual.

Jika subjek berisi tonal terutama gelap kamera Anda akan over-ekspos gambar Anda. Ini mudah terlihat, karena akan ada terlalu banyak detail dalam daerah bayangan .

Perlu mengambil tes gambar, dan kemudian memeriksa grafik histogram. bila ada celah di sebelah kiri, gambar over-ekspos jadi perlu merubah kecepatan rana, aperture yang lebih kecil atau mengatur ISO yang lebih rendah.

Pengaturan eksposur dalam cahaya rendah ada beberapa keputusan:
Yaitu kita perlu menggunakan kecepatan rana untuk membekukan gerakan atau mencegah guncangan kamera jika kita pegang kamera dengan tangan, atau Anda lebih menempatkan kamera pada tripod dan menggunakan kecepatan rana yang panjang.

Saat gunakan kecepatan rana yang cepat dalam cahaya rendahperlu menaikan pengaturan ISO lebih tinggi, seperti 800 keatas. Tapi kalau pakai tripod harus menurunkan ISO lebih rendah seperti 200 kebawah untuk kualitas terbaik.

Memotret saat senja VS memotret saat malam



Senja

Lembut, cahaya yang dingin dalam waktu yang singkat yaitu sebelum matahari terbit atau setelah matahari terbenam akan menghasilkan kondisi yang menakjubkan untuk fotografi.
 
Kita harus mencoba untuk memotret ketika masih ada beberapa warna dan detail yang tersisa di langit, tapi kita tidak punya waktu banyak untuk itu.
Sebagian besar cahaya pada saat itu akan tercermin dari langit, dan cahaya biasanya sangat lembut, dan memiliki warna biru.

Tingkat cahaya senja akan sangat rendah maka sangat cocok dengat teknik long exposur, seperti mengaburkan awan bergerak atau air. tapi kamera harus terpasang pada tripod.

Nightscapes

Mulai lampu jalanan dan lalu lintas kendaraan hingga ke cahaya bulan, banyak sumber cahaya yang dapat digunakan untuk foto yang bagus ketika setelah gelap.

Campuran lampu terang dan bayangan gelap kota setelah gelap jadi gambar yang sempurna untuk memotret nightscapes .

Menjaga foto agara tidak noise

Untuk meminimalisir noise pada saat kita ambil gambar dengan long eksposur, pastikan fungsi noise reduction pada kamera kita di posisi "ON".

Cara memotret dengan tangan dalam cahaya rendah

Cara untuk mengatur kamera saat pemotretan dengan tangan / handheld (tanpa tripod) dalam cahaya rendah



1. Setting ISO

Naikan ISO ke lebih tinggi seperti 800 keatas, lalu periksa kecepatan rana yang di butuhkan untuk naikan lagi ISO 1600 atau 3200 bahkan lebih tapi hati-hati dengan noise.



2. Tetap stabil

Pada lensa atau kamera yang memiliki fasilitas stabilisasi gambar posisikan pada posisi ON untuk mengurangi  kamera goyang. tapi ini tidak akan membantu mengurangi blur bila disebabkan gerakan subjek.



3. Fokus bantuan

Jika kita perlu menggunakan autofocus, pastikan itu diatur untuk menggunakan fokus center AF point, karena pada sebagian besar kamera ini adalah titik paling sensitif dan akurat dalam kondisi cahaya rendah.

{ 0 comments... read them below or add one }

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...