Street Fotografi Tips, Teknik Dan Inspirasi

By herry on Selasa, 22 Januari 2013

Street Fotografi Tips, Teknik Dan Inspirasi


Photo Credit : Andrew / Cuba Gallery

Beberapa tips dan teknik yang bermanfaat bagi yang ingin mengembangkan keterampilan dalam Street Fotografi .

1. Mengenal Gear atau PeralatanFotografi Anda

Apapun kamera yang digunakan, Anda harus tahu peralatan Anda secara menyeluruh. dan perlu memiliki peta setting kamera. harus dapat menyesuaikan pengaturan kamera tanpa mengalihkan mata Anda dari jendela bidik. cara untuk menguasai ini adalah hanya dengan berlatih.

2. Periksa Jadwal Event Di Lokasi Yang Akan Anda Kunjungi

Street Fotografi bukan cuma motret di jalanan. Apa pun yang di potret di tempat umum itu adalah Street Fotografi. Periksa setiap hari koran atau media untuk lihat jadwal event atau apapun yang akan digelar di sekitar kota yang akan anda kunjungi untuk memotret. Pilih acara yang menarik dan pergi ke sana agar menjadikan gambar yang Anda potret selalu menarik.

3. Jangan Banyak Diam Dan Terus Bergerak

Ketika kita memotret treet fotografi, subjek tidak akan muncul di depan kamera anda tapi perlu mencari moment atau subyek yang menarik, jika hanya duduk di satu tempat itu hal yang kurang baik. Terus berjalan cari subyek yang Anda pilih untuk memotret.

4. Harus Selalu Siap

Jangan bersantai dan diam tapi selalu siap dengan kamera untuk memotret. Moment yang bagus tidak akan bisa diulang kembali, jadi harus benar-benar siap dengan kamera anda
 
5. Mendekatlah Pada Subyek Foto

Jika foto kurang bagus, mungkin anda tidak cukup dekat. mendekatlah dan dapatkan foto dengan detail.

6. Menjaga Sopan Santun

Bersikap sopan dan hormat pada orang-orang di sekitar anda memotret. Jika seseorang tidak ingin kita potret, kita harus meninggalkannya dan jangan memaksa. Jika mereka ingin melihat foto-foto mereka di kamera jangan ragu-ragu untuk perlihatkan pada mereka agar mereka senang.

7. Perhatikan Background Atau Latar Belakang Pada Foto
Apa yang ada di belakang subjek Anda itu sangat penting. biasanya latar belakang akan menambah lebih menarik dari foto Anda, tapi kadang-kadang juga latar belakang akan mengalihkan perhatian mata kita dari pada subyek itu sendiri. cari latar belakang dengan baik.

8. Gunakan Pencahayaan Alami

Cahaya ini sangat penting apapun genre fotografi anda. Gunakan cahaya alami sebaik mungkin biasanya pagi dan sore adalah waktu terbaik untuk memotret.

9. Sering Berfikir Jauh Lebih Baik Daripada Sering Membidik

Jangan mentang-mentang dengan kamera digital semua orang bisa memotret beberapa frame tanpa repot-repot berpikir atau mengkomposisinya dengan benar. Sebelum Anda memotret pelajari dulu tempat dan situasi yang Anda ingin potret. contohnya jatuhnya arah cahaya, aksi orang-orang, komposisi,  framing dll. Kualitas lebih penting daripada kuantitas.

10. Coba Berinteraksilah Dengan Subjek

Ngobrol dengan orang-orang itu hal yang harus selalu lakukan. cari moment dan memotret tanpa terlalu mencolok perhatian tapi kemudian menghampiri dan berbicara dengan orang yang tadi dipotret. kadang lebih baik untuk berinteraksi terlebih dahulu, terutama saat pemotretan foto portrait. walau hanya dengan memberi senyum itu merupakan suatu pengakuan yang baik.

Banyak fotografi jalanan atau street fotografi. dapat digunakan sebagai metode dokumentasi atau mempelajari suatu budaya tertentu atau menyoroti isu-isu sosial dan hal yang berbau humor. Jangan membatasi diri dengan arti fotografi jalanan.

Berikut ini beberapa foto untuk inspirasi street fotografi untuk anda


Photo Credit : Rufus Mangrove


Photo Credit : Faisal Almalki


Photo Credit : Marji Lang


Photo Credit : Marji Lang


Photo Credit : Marvin Greenbaum


Photo Credit : James Yeung

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...