Tips Memotret Landscape Agar Lebih Baik

By herry on Jumat, 12 April 2013

Tips Memotret Landscape Agar Lebih Baik

Cinta pertama pada hobi motret biasanya adalah fotografi landscape. Di sisi lain memotret alam tidak hanya memberikan kita kesempatan tak terbatas untuk gambar yang menakjubkan, tetapi juga berfungsi sebagai cara yang baik untuk menantang diri kita sebagai fotografer.


foto oleh Nathan McCreery.  
Dalam urusan fotografi landscape ini, ada beberapa daftar teknik dan tips yang pasti akan membantu kita belajar bagaimana untuk mengambil foto pemandangan yang menakjubkan.

Carilah elemen latar depan yang bagus untuk memaksimalkan kedalaman dan perspektif
Bagaimana hal sederhana menyertakan elemen latar depan dalam foto landscape benar-benar dapat mengubah suatu adegan. Dengan hal itu juga dapat menggambarkan sensasi yang lebih dalam perspektif dan kedalaman. kalau tidak begitu, bisa jadi foto akan terlihat terlalu datar.

Dan lebih baik juga menggunakan Lensa wide-angle, dengan menggabungkan ini dengan elemen latar depan benar-benar akan membuka ruang yang dirasakan dalam adegan.

Dengan lensa wide-angle elemen latar depan akan tampak jauh lebih besar dari objek latar belakang, memaksimalkan rasa mendalam pada foto


foto oleh Jet Rabe.

Menemukan unsur latar yang sempurna memasukkan dalam adegan kita bisa mengambil hanya beberapa menit atau beberapa jam, sebelum memotret menjelajahi lokasi sampai menemukan elemen yang bagus untuk disertakan, apakah itu rumpun bunga, bebatuan, kolam refleksi, atau ranting pohon jatuh dll. berusahalah lebih kreatif

Manfaatkan cuaca buruk
Ketika cuaca buruk biasanya kita berkemas peralatan dan buru-buru pulang. tapi kita tidak tahu kita sudah  kehilangan beberapa moment luar biasa untuk fotografi landscape yang bagus.
pikirkan tentang foto-foto yang terdiri dari alam paling buruk: mobil terbenam di tumpukan salju setelah badai salju misalnya, ataupun awan hujan di langit yang dramatis itu adalah hal yang luar biasa untuk dilihat

Mendokumentasikan cuaca buruk yang terjadi bisa jadi lebih menarik bagi pemirsa untuk melihat.


foto oleh JoAnn Fougere

Tapi selau pastikan anda tetap aman saat memotret adegan cuaca buruk. Selalu menempatkan keselamatan kita terlebih dahulu.
 
Fotografi landscape yang terbaik memerlukan perencanaan matang 
Ketika kita melihat sebuah foto landscape yang bagus, pasti kita berfikir pencahayaan dan komposisi yang begitu sempurna Fotografer nya sangat beruntung dengan berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat. tapi itu salah. Foto pemandangan yang indah memerlukan sebagian besar waktu dan perencanaan. hampir tidak mungkin bagi seorang fotografer untuk muncul di sebuah lokasi pada waktu mendadak dan mengharapkan hasil yang bagus.


foto oleh Floyd Franklin.
Jika kita ingin memotret terbaik untuk adegan yang diharap terbaik dari sebuah lokasi sebelumnya dan mengambil gambar beberapa tes sepanjang hari. Dengan begitu bisa melihat bagaimana pencahayaan alami mempengaruhi kejadian dan tahu kapan kita harus kembali.
Sebagai aturan praktis, biasanya yang terbaik untuk mengambil foto landscape selama golden hour (atau magic hour) saat setelah matahari terbit atau sebelum terbenam.
 
Kreatif dengan menangkap berbagai sudut/angle

Banyak fotografer dengan naluri memotret pemandangan dengan menetapkan tripod di tingkat mata dan kemudian membuat frame. hal ini dapat membuat sebuah foto yang baik, tapi banyak peluang besar lainnya sudah dilewatkan

Jika kita benar-benar ingin foto Anda lebih menonjol dari karya foto lain, maka harus bekerja keras untuk membuat pengaturan umum dalam cara yang kreatif.


foto oleh Cristina Ciutan.  
Cobalah menangkap sudut pandang yang berbeda. memotret dari arah yang tinggi atau dari arah yang sangat rendah ke tanah. gunakan Out of Focus Foreground Framing. Posisikan unsur-unsur alami dalam sebuah adegan dalam cara yang unik. Menangkap adegan di malam hari. masukan unsur refleksi. Dan lain sebagainya.
 
Bracket eksposur Anda
Ketika memulai dalam fotografi landscape, kita akan memotret biasanya tidak menangkap potensi penuh adegan itu. sering sekali daerah gelap terang tidak pas.

Masalah ini bisa dipecahkan dengan bracketing eksposur, Bracketing eksposur berarti untuk memotret komposisi yang sama dengan tingkat eksposur ganda biasanya antara 3-5 jepretan bervariasi dalam kecerahan eksposur. maka memungkinkan untuk memaksimalkan jangkauan dinamis dalam sebuah foto.


foto oleh Ronald Quillopas.

{ 4 comments... read them below or add one }

Unknown mengatakan...

Keren sekali, makasih infonya

Unknown mengatakan...

wah handal sekali hasilnya , good

Unknown mengatakan...

istimewa mas.,asik nih infonya buat di coba belajar hehe
salam kenal www.titikfokuskamera.com

Unknown mengatakan...

mantap bang..makasih tipsnya ,salam sukses :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...