Tips Komposisi Kamera: 1 Subjek Dengan 6 Cara Memotret

By herry on Rabu, 02 Oktober 2013


Dengan sudut pandang dan lensa yang berbeda secara dramatis dapat mengubah tampilan foto, seperti di kutip dari digital camera world ada beberapa tips komposisi paling baik di kamera dan bagaimana cara untuk memotret sebuah subjek dengan cara yang berbeda untuk efek yang berbeda pula .

Framing foto tidak hanya bagaimana menggunakan aturan komposisi foto seperti leading lines, aturan pertiga atau termasuk foreground. hanya mengubah posisi dan mencoba dengan berbagai lensa dengan panjang fokus yang berbeda adalah dua cara terbaik agar mendapatkan foto baru dan lebih menarik .

Kadang kita selalu terbelenggu dengan kebiasaan menggunakan sudut pandang yang sama pada saat pengambilan gambar, maka dengan latihan kita bisa lebih merubah kebiasaan tersebut untuk mendapat foto yang lebih menarik tentunya.

Coba yang sederhana, subjek diam seperti bangunan, dengan memotretnya dari sudut pandang pertama yang Anda temukan lalu kemudian coba dengan enam sudut pandang dan komposisi yang lain.
Untuk masalah framing dan komposisi, jika sedang berusaha untuk melihat sudut pandang yang baru, cocokan dengan lensa yang berbeda dan coba mialnya jika biasanya memotret subjek dengan lensa lebar atau wide, coba dengan lensa tele atau menggunakan zoom fokus terpanjang, temukan sudut pandang yang sesuai dengan panjang fokus, tapi jangan lupa dengan kondisi pencahayaan yang berbeda juga akan memberi perubahan pada foto, contohnya dengan menunggu matahari terbenam saat matahari terbit, kita akan menemukan kalau arah dan warna cahaya dapat menginspirasi kita dalam usaha mencoba foto yang sangat berbeda dengan foto yang di ambil siang hari .

1. Komposisi  Pertama Sudut Pandang klasik


Foto: Digital Camera World

Memotret dengan lensa zoom standar yang terlebar, diambil dari jarak yang memungkinkan kita memotret subjek tanpa memiringkan kamera akan memberikan gambar yang baik secara teknis dengan mengikuti aturan komposisi klasik seperti aturan pertiga dan foreground akan meningkatkan hasil foto kita.

2. Komposisi Kedua Lebih Mendekat


Foto: Digital Camera World
Satu cara yang dramatis dalam memotret suatu subjek adalah dengan lebih dekat dan dengan menggunakan lensa wide-angle.

Dengan sudut pandang lebih dekat memungkinkan kita untuk meningkatkan perspektif apalagi dengan memiringkan kamera untuk hasil yang lebih ekstrim.

3. Komposisi Ketiga Gunakan Depth-Of-Field (DOP) Yang Dangkal


Foto: Digital Camera World

Dengan memilih aperture terlebar yang ada pada lensa kita, dan panjang fokus terpanjang maka akan menghasikan latar depan tajam dan latar belakang subjek blur dalam memotret.

4. Komposisi Keempat Tampilkan Suasana Lingkungan


Foto: Digital Camera World

Berusaha tidak selalu harus mengisi seluruh frame foto dengan subjek utama. Cobalah memotret dari sudut pandang yang lebih jauh untuk menyertakan suasana lingkungan sekitarnya dan menempatkan subjek foto dalam konteks.

5. Komposisi Kelima Menekan Perspektif


Foto: Digital Camera World

Perspektif dalam foto ditentukan oleh sudut pandang, dengan memotret subjek dari jarak sudut pandang yang jauh akan membuat subjek tampak lebih dekat ke latar belakang, efektif untuk menekan perspektif. maka untuk mengisi frame dengan subjek kita harus menggunakan lensa tele atau dengan fokus terpanjang yang telah tersedia pada lensa kita.

Kita bisa meng-croping gambar agar mendapatkan efek yang sama dengan menggunakan lensa panjang, dengan resiko kehilangan resolusi.

6. Komposisi Keenam Menjauh Untuk Pandangan Lebih Luas


Foto: Digital Camera World

Kita bisa juga menggunakan lensa wide angle jika ingin memberikan kesan panorama seluruh daerah di sekitar subjek foto kita.

Memotret saat matahari terbenam dengan kondisi pencahayaan yang berbeda merupakan cara lain untuk mengubah tampilan hasil foto kita.

{ 0 comments... read them below or add one }

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...