Tips Dan Teknik Fotografi Still Life

By herry on Kamis, 11 April 2013

Tips Dan Teknik Fotografi Still Life

Still Life fotografi memiliki banyak kegunaan, mungkin kita ingin memotret benda mati yang indah atau mungkin memotret produk yang akan kita jual di toko online. Atau alasan lain untuk belajar fotografi still life mungkin adalah ingin menjual menjual foto still life di situs microstock atau majalah makanan, tapi apapun alasanya fotografi still life adalah seni fotografi yang bagus untuk dipelajari.

 
foto oleh Alex Lewis
Kecuali memotret produk tertentu atau gambar untuk majalah, subjek untuk fotografi still life itu tidak terbatas. Situs foto stok seperti Shutterstock dan iStock yang melayani pengguna komersial memiliki permintaan yang tinggi untuk segala macam still life, seperti benda yang sangat sederhana, contohnya secangkir teh atau kunci.

Kadang kita sering kali berpikir kalau still life fotografi itu jauh lebih mudah daripada jenis lain fotografi seperti olahraga atau fotografi landscape. Dengan still life kita bisa memiliki kontrol penuh atas komposisi dan dapat mengatur benda mati persis seperti bagaimana yang kita inginkan.

Dan kadang-kadang juga kualitas gambar still life yang baik bisa menjadi lebih menantang untuk foto, karena subyek lebih dekat sehingga mudah untuk melihat ketidaksempurnaan seperti noda pada sepotong buah yang biasanya tidak kita hiraukan.

 
foto oleh Anthony Zeder

Dengan menggunakan keterampilan fotografi dasar dan tips still life berikut, kita bisa membuat kualitas gambar benda mati jadi lebih hidup.

Pencahayaan Untuk Fotografi Still Life

Fotografer profesional biasanya mereka menggunakan soft box atau kotak cahaya untuk memotret still life mereka. Meskipun soft box dapat membantu banyak, tapi hal itu tidak mutlak diperlukan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. tapi tujuan dari alat-alat lighting adalah untuk memberikan cahaya yang baik pada subjek.

Namun kita juga bisa mendapatkan kualitas cahaya yang baik  dengan memotret nya di luar ruangan. di saat mendung atau langit cerah dapat menciptakan efek seperti soft box alami tanpa ada bayang-bayang yang keras.

Menyusun Foto Still Life  
Disaat membuat foto still life , kita perlu mengatur subyek dalam komposisi yang menarik. kira harus mempertimbangkan bagaimana menggunakan teknik komposisi klasik seperti "Rule of Thirds," "leading lines" atau "framing" sebagai ide-ide bagaimana menyusun gambar terbaik dengan seni mengatur subyek, dan gunakan imajinasi kita. seperti bila memotret apel mencoba menggigit nya untuk memberikan beberapa kesan berbeda yang diberikan.

 
foto oleh Stephen Pacinelli
Isi Frame Dengan Subjek Foto Still Life Anda
Saat mengambil foto still life , selalu di ingat bahwa subjek harus menjadi satu-satunya hal yang kita lihat dalam viewfinder atau layar LCD. jadi kita harus menghapus semua gangguan atau kekacauan dari latar belakang sehingga kita dapat menghasilkan gambar close up bersih. Jika ingin foto lebih tajam, pastikan untuk menggunakan mode makro.

Mencari Angle Yang Baik 
Kita juga harus mencoba memotret dari berbagai sudut yang berbeda. Mudah-mudahan kita bisa mulai menerapkan tips fotografi still life  ini segera, agar kita dapat mulai melihat perbedaan dalam kualitas gambar still life kita..

{ 2 comments... read them below or add one }

Tata Warna mengatakan...

bagus sekali

Tata Warna mengatakan...

bagus sekali

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...